Big Adventure: Singapore Year End Trip 2015 (Part 3) END

Singapura Hari ke-4

The highlight! Gardens by The Bay dan pesta kembang api pergantian tahun di Marina Bay.

Oh ya di hari ke-4 ini aku mesti beli STP baru lagi karena masa berlaku STP 3 hari sudah habis. Deposit 10 dolar masih ada jadi tinggal tambah 16 dolar per orang. Ternyata pakai STP cukup boros juga kalau gak maksimal. Pasalnya besok gak akan kami pakai full 1 hari. Buat beli STP ini sebenarnya bisa di Ticket Office MRT Lavender Station, tapi berhubung jam bukanya rada siang, terpaksalah jalan kaki ke arah MRT Bugis. Jarak 20 menit lah jalan kaki dari St. Lavender ke St. Bugis.

20151231_111945

First stop: Bugis Street

Bugis Street sepengamatan aku pribadi pada intinya adalah pasar modern. Penuh sama pedagang-pedagang oleh-oleh khas Singapur. Harganya masih kalah murah dibanding area Chinatown. Kecuali mau borong oleh-oleh disini, nothing much to see.

20151231_115725

Red Dot Design Museum

Tadinya udah hopeless sepertinya gak akan sempet dateng ke Red Dot Design Museum Singapore, padahal kepengen banget foto di area ini. Eh… ternyata berjodoh ketika aku dan Abi pada akhirnya memutuskan untuk makan siang di Maxwell Food Centre.20151231_115959

20151231_123847

Kios tempat beli makan siang

Bosen sama Nasi Lemak, dan gak kepengen makan masakan Cina karena takut ini itu, ketemulah kios Chicken Rice ini. Yang jual Muslim juga jadi seenggaknya hati tentram lah. Aku pesan Chicken Rice Black Pepper seharga 4 dolar. Oasis!

20151231_145613

20151231_143947

Di Orchid Garden ini ada kejadian lucu buat aku pribadi. Jadi sampai tanggal 31 Desember memang ada promo (dalam rangka 50 tahun kemerdekaan Singapur) buat masuk ke Orchird Garden gratis buat students (siswa), dan tourist yang punya STP bisa dapet harga masuk 3 dolar (normalnya 5 dolar). Pas beli di counter tiketnya, aku kasih liat 2 lembar STP (punyaku dan punya Abi) dan 6 dolar ke mas-mas penjaganya. Ternyata dia cuma kasih 1 lembar tiket dan aku nggak ngeh sampai diperiksa dan dilarang masuk di pintu masuknya. Walhasil aku balik lagi nyamperin ke mas-mas penjaga tadi. Pas kutanya kenapa cuma ngasih 1 tiket doang, dia bilang gini.

“You’re student right? No need to pay. Just straight go and tell the officer there that you’re a student.” Laaahh mau aja sih mas dikasih gretong.. tapi situ kan udah dapet 3 dolar eijke… Masa demi denger omongan ‘Kamu masih kelihatan muda’ mesti bayar 30 ribu sih? Hfftt….

Oke oke, karena mulai sore dan nggak ingin kemaleman sampai di Gardens by The Bay, next stop berikutnya si Art Science Museum. Closest MRT: Bayfront Station! Take Exit ke arah Museum! Berhubung exhibitionnya juga lagi kurang menarik, berasa sayang juga sih kemarin ngeluarin 30 SGD buat berdua. Exhibitionnya lagi tentang fisika dan listrik-listrik, not my cup of tea lah pokoknya. Untungnya sih masih ada exhibition tentang penghargaan Nobel. Spent less than one hour for two exhibitions.

20151230_181402

Singapore Art Science Museum. Dari desain bangunannya aja keliatan betapa artistik dan scientific-nya itu gedung.

Sekeluarnya kami dari SASM, hujan turun. Aaaagghhhh perjalanan ke Gardens by The Bay jadi kena gerimis dan lepek sana sini. Untungnya sih Flower Dome sama Forest Dome yang dituju sih memang indoor jadi pasti terlindung dari hujan juga.

IMG_20151231_180832

They look tempting. Wish I had orange tree in garden house. Freshly picked. Yumm

IMG_20151231_175614

They look like ornaments we’ll find on Chinese New Year Celebration

IMG_20151231_181409

Lovely decoration!

20151231_181925

Pretty pretty red and white

IMG_20151231_18230520151231_175859

Next stop: Rainforest Dome! What to expect? This indoor waterfall!

20151231_183556

20151231_184451

From the height

20151231_193512

Pretty lights, pretty color, pretty everything. Love love Supertree Groove at night

Pas deket-deket waktu pertunjukan light shownya eeehhh malah hujan. Jadi ga bisa nikmatin maksimal kan karena kehalang sama payung-payung. pengunjung lain. Berhubung aku nggak sedia payung juga, jadinya cuma bisa menepi. Untungnya pertunjukannya masih kelihatan.

Sekitar jam delapan malam waktu setempat, kami meninggalkan are Gardens menuju ke Esplanade. Tadinya mah mau makan di Makan Sutra Glutton Bay tapi nggak kedapetan tempat. Sesampainya di area Bay saat itu sudah jam setengah 10, tempat makan sudah pada tutup, jalan-jalan biasa pun juga ditutup buat pejalan kaki, mau cari tempat makan lain nanggung, setidaknya jam 10 harus sudah dapat tempat buat liat pertunjukan kembang apinya. Akhirnya nekat nunggu sampai acara pertunjukan selesai dan balik ke guesthouse buat makan malam. Terlunta-lunta di bawah jembatan (iya, posisi kami nunggu dan neduh di bawah jembatan) dengan cuaca yang labil, kadang hujan kadang berawan, bikin khawatir apa jangan-jangan sia-sia aku bela-belain ngabisin waktu demi beginian aja (iya sempet rada pengen enjoy tahun baruan di rumah aja kalau rasanya susah ampe begin banget, gitu). Setelah 2 jam nunggu terkatung-katung, akhirnya acara fireworknya  dimulai. Masya Allah,,, keren banget euy! Meski cuma 10 menitan tapi capek berasa terbayar. Gak ketemu deh sama bunyi petasan cabe rawit yang bikin GDKZL (gede kezel alias kesel berat) gara-gara bunyinya doang yang nyaring.

Tapi memang kereen deh Singapur ini. Acara tahunan begini benar-benar prepare sekali mempersiapkannya. pasukan pengaman dan barikade-barikade jalan sudah diposisikan sedemikian rupa untuk memastikan acara yang notabene hanya berdurasi 10 menit itu berjalan dengan tertib selama dan sesudah acara berlangsung. Gimana nggak, habis selesai pertunjukan pastinya orang-orang bakalan langsung pengen pulang cepet-cepet. Bisa kebayang gimana ramainya orang-orang memenuhi jalanan dan area MRT terdekat.

20160101_002843

Mengantri buat masuk ke MRT

Setelah berhasil naik MRT dan sampai di Lavender, akhirnya, setelah setahun berlalu, kami bisa makan malam lagi. Hiks. Lagi-lagi, Paket Nasi Ayam Lemak. Begitu sampai di guesthouse kami juga mendapat surprise kecil berupa dua butir coklat FR dari pemilik guesthouse. Setelah beberes mandi, jam 2 malam itu akhirnya saya tertidur pulas.

Selama jalan-jalan di Singapur, setidaknya beberapa hal ini yang saya suka dan berharap bisa diterapkan juga di Indonesia tercinta:

  1. Transportasi umum yang nyaman dan sangat praktis!
  2. Bersih dan tertib. Bahkan nggak ada yang namanya parkir pinggir jalan sembarangan.
  3. Nggak banyak mobil atau motor berseliweran. Pejalan kaki lebih diutamakan. Nggak maceeeeett!!!
  4. Sepertinya nggak lihat yang namanya pengemis atau pengamen dan sejenisnya. Dan dari sepenglihatan, absennya pengemis ini juga sepertinya diminimalisir dengan menciptakan lapangan kerja yang ‘terlihat sepele’ seperti pengambil tray di food court atau tukang bebersihnya.

Wisata ke negara yang sudah lebih maju memang membuat aku pribadi jadi lebih belajar langsung, semacam introspeksi atas kehidupan sehari-hari di tanah air. Kebiasaan membuang sampah misalnya, di Indonesia sudah jadi hal yang lumrah dan dimaklumi kalau ada yang buang sampah selain di tempat sampah. Tapi di Singapura hal tersebut jadi hal yang dilarang. Perbedaan ini yang harusnya bisa dijadikan pelajaran, refleksi diri. Mungkin kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya itulah yang membuat kemajuan negara kita begitu tertinggal bila dibandingkan dengan Singapura. Toh kebiasaan-kebiasaan yang terlihat kecil dan sepele seperti itu apabila dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia yang jumlahnya ratusan jiwa itu pasti akan terlihat kentara sekali kan?

Dan sekarang teringat wejangan dari Team Leader tentang mindset. Ya, segala sesuatu akan lebih mudah jika individu punya kesadaran dan mindset yang maju, karena percuma saja mau diajari seperti apapun, mau dikomentari seperti apapun, tanpa mindset dan kesadaran pribadi yang bagus, kebiasaan-kebiasaan jelek akan sulit dirubah.

Travel more, learn more, better more.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s