Ifthar on the Road Ramadhan 1437 H

“The best charity is that given in Ramadhan.”

Alhamdulillah tahun ini masih bisa ikut berpartisipasi bagi-bagi takjil dalam acara Ifthar on the road yang dikoordinir bareng grup liqo’ Jannah Generation. Grup liqo kami ini memang setiap Ramadhan maunya bikin semacam acara sosial. Acara ifthar on the road ini alhamdulillah sudah terlaksana dari tahun kemarin. Seru banget mulai dari tahap niat, perencanaan sampai eksekusi acaranya. Yaa.. meskipun baru dimulai dari tahun 2015 lalu, tapi Insya Allah akan berlanjut ke depannya. Amiinn…

Dilatarbelakangi dengan beberapa curhatan para anggota yang cukup sering mengalami pahit dan susahnya berbuka (cari takjil) saat terjebak di kemacetan jalan wilayah sekitar ibukota, juga atas dasar hadits Rasulullah “Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi) jadilah kita pilih tema bagi-bagi takjil atau yang bahasa kerennya ifthar on the road . Acara bagi-bagi takjil ini dilaksanakan di sekitar tempat domisili kami, Depok-Jawa Barat.

Akhirnya setelah menetapkan niat dan tujuan, dimulailah perencanaan program kami kali ini. Awalnya cuma dibahas via WA, ngobrol awal tentang desain poster yang akan disebar ke grup-grup instant messenger masing-masing untuk diajak jadi donatur ataupun ikutan langsung membantu pas acaranya. Kemudian rapat pertama dan terakhir akhirnya dilaksanakan setelah selesai acara liqo’ tanggal 11 Juni 2016, dimana diobrolin-lah itu seputar kekurangan-kekurangan tahun lalu. Disini dapatlah ide buat bikin bando promosi bertuliskan ‘free takjil’. Jadi karena tahun lalu itu banyak yang justru curiga pas tiba-tiba dikasih takjil sama kami, mungkin disangka ‘dagang’ kali ya nawar-nawarin makanan sama minuman gitu, makanya si bando ini dibuat biar jadi ‘self-promotion’ juga kalau makanan dan minuman yang dibagikan itu gratis tis tiss… Bandonya sendiri kita pesan via online biar gak repot bikin-bikin lagi buang-buang tenaga dan waktu.

IMG-20160618-WA0040

Beberapa item takjil yang muat di tangan. (Photo Courtesy by @masyithamutiara)

 

Setelah rapat, sisa-sisanya diobrolin di WA seputar progress persiapan perlengkapan dan donasi yang sudah terkumpul. Alhamdulillah dari yang tadinya target cuma 200 pax, bisa dilebihkan jadi 500 pax dengan budget per porsi yang dinaikkan! Semua berkat bantuan donasi infak dari teman-teman yang sudah ikut serta dalam menyumbangkan hartanya. Semoga berkah untuk kita semua. Amiin..

Packing-packing takjil

Packing-packing takjil

Sabtu tanggal 18 Juni 2016, Jannah Generation team ngumpul di rumah Bu Diah. Dengan manpower awalnya hanya 5 orang, dan mulai dari jam setengah dua kita udah standby siap-siap ngepacking macaroni schotel, teh kotak, kue-kue basah, air mineral gelas, dan stiker untuk dijadikan satu paket makanan takjil. Pertengahan jalan, di saat udah mulai kewalahan ngepacking, datang lagi bala bantuan 2 orang yang akhirnya mempercepat proses pengepakan. Alhamdulillah setelah pengepakan selesai di jam setengah 4, kita sempat foto-foto dulu, gelepar-gelepar dulu dan sholat ashar. Sekitar jam 16.15, paket-paket takjil dibawa ke mobil untuk dibagi-bagikan.

Siap untuk ngangkutin takjils ke mobil!

Siap untuk ngangkutin takjils ke mobil! Tengkyu mba @desibastias udah motoin kita-kitaa

 

Buat laporan ke para donatur

Dokumentasi. Buat laporan ke para donatur

Pas rapat seminggu sebelumnya, sempat diputuskan bahwa titik-titik pembagian takjil dibagi jadi 4 area:
1) di jalan depan RS Mitra Keluarga Depok,
2) di depan Stasiun Depok Baru,
3) di pintu keluar Terminal Depok, dan
4) di perempatan lampu merah Ramanda (arah ke Jl. Arif Rahman Hakim). Tapi sayangnya, itu semua akhirnya tidak berhasil terlaksana sehubungan kurangnya tenaga dan transportasi yang kami miliki. Alhasil, pembagian takjil dilakukan hanya di dua titik, yakni di:
1) Jalan Kartini sekitar Stasiun Depok Lama, dan
2) di Jl. Margonda di sekitar pertigaan Jl. Ir H. Juanda (arah ke Detos).
Aku sendiri awalnya dapat titik pembagian di area Terminal Depok, cuma berhubung tempat parkirnya sepi dan susah juga bawa-bawa kardus-kardus takjil itu, jadilah tim kami cuma ngelewatin aja itu terminal dan menyusuri jalan Margonda sampai ke area pertigaan Juanda arah ke Detos. Sempet khawatir juga kalau ternyata masih sisa banyak gimana? Padahal udah mepet sama waktu berbuka puasa juga.

Tapi Alhamdulillah, setelah parkir ilegal di pinggiran jalan, takjil segera dibagikan ke beberapa ibu-ibu pengumpul barang-barang bekas dan beberapa anak-anak jalanan. Mungkin setelah itu mereka manggil rekan-rekannya atau gimana, tau-tau udah banyak aja yang ngitarin area bagi-bagi takjil. Angkot-angkot yang penuh penumpang juga ada yang sengaja berhenti buat dapetin takjil gratis. Pengendara motor pribadi dan beberapa tukang ojek online pun sampai ada yang sengaja muter arah buat dapetin takjil juga. Bahkan sampai kenek bis patas dan supirnya juga gak mau kalah, sengaja berhenti sebentar demi dua paket takjil! Duuh… kalau udah riweuh begitu khawatirnya kami kena grebek atau kena tilang dari pak polisi kan… Tapi Alhamdulillah, 10 menit berlalu dan ‘dagangan’ kami pun ludes habis. Rasanya bahagia, bisa ngasih dan dikasih balik ucapan terima kasih dan doa dari orang-orang yang sudah menerima takjilnya. Bahkan ada satu ibu-ibu yang ngedo’ain kita begini:

“Duh,, neng-neng gadis yang masih perawan ini semoga terus dilancarkan ya rezekinya, jodohnya jugaa” yang langsung kita jawab dengan seruan “AAMIIN….”.

20160618_173252 20160618_172851 20160618_173047 20160618_173402 20160618_173531

Kurang lebih 10 menit setelah pembagian takjil selesai, adzan Maghrib pun berkumandang saat kami masih dalam perjalanan kembali ke basecamp di area Pesona Depok. Bersamaan dengan kumandang adzan, puasa kami hari itu dibatalkan.

Postingan ini dibuat semata-mata untuk menginspirasi para visitor blog ini supaya bisa ikut berpartisipasi dalam acara yang insya Allah akan kami laksanakan rutin setiap tahunnya, ataupun menginspirasi banyak kalangan untuk membuat program acara yang sama atau yang lebih bagus lagi. Segalanya itu ditentukan dari niat, maka dari itu perbanyaklah menyebarkan dan mengajak dalam kebaikan. Insya Allah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s